Maret 14, 2010

Apa Itu Propolis ?

...akan keluar dari perutnya lebah beraneka warnanya, padanya ada obat bagi tubuh manusia (Qs An Nahl :68-69)

Propolis
adalah zat yang di ekstrak dari resin yang dikumpulkan oleh lebah pekerja khusus yang tugasnya mencari resin dari daun yang baru tumbuh dan bagian kulit batang pohon tertentu. Oleh lebah pekerja resin tersebut dicampur sedikit dengan lilin lebah, madu dan enzym sebelum akhirnya menjadi Propolis. Propolis gunanya sebagai lem untuk menambal lubang sarang lebah dan memperkuat sarang. Selain dari pada itu fungsi Propolis yang tidak kalah pentingnya bagi lebah adalah untuk membungkus (memumikan) bangkai binatang yang masuk kesarang lebah agar tidak menyebarkan penyakit. Jadi Propolis dipakai oleh lebah untuk mensterilkan sarang, menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, virus dan jamur.


Belajar dari efektifitas Propolis bagi lebah inilah manusia modern kemudian ikut menggunakan Propolis dalam pengobatan khususnya untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, virus dan jamur. Propolis mengandung ratusan bahan kimia dan para ilmuwan berhasil mengidentifikasi dan memberi nama sekitar 30-an dari bahan-bahan tersebut. Komposisi Propolis dari sarang lebah umumnya terdiri dari kurang lebih 50% resin, 30 % lilin lebah, 10 % essential oils, 5 % Bee Pollen dan 5 % sisa-sisa tanaman.

Propolis sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan bakteri yang resistant terhadap antibiotik buatan manusia. Dalam sebuah tes ilmiah dengan cell-culture test terbukti Propolis paling efektif melawan bakteri patogen jenis gram positif seperti Staphylococcus sp. (antara lain penyebab infeksi saluran kencing) , Clostridium sp.(antara lain penyebab gangguan perut/gastrointestinal), Corynebacterium diphtheriae (penyebab diphtheriae) dan jenis-jenis Streptococcus sp. (antara lain penyebab infeksi tenggorokan, infeksi sinus dan scarlet fever). Bakteri gram negatif yang juga efektif dilawan dengan Propolis antara lain Klebsiella pneumonia (penyebab pneumonia dan bronchitis) dan Pseudomonas sp. (antara lain penyebab infeksi pada luka).

Proses Propolis

Proses pembuatan Propolis adalah sebagai berikut : Lebah dipelihara didalam kotak (sarang) lalu dikikis. Proses pembuatan Propolis lebah menggunakan alat khusus atau kertas khusus kemudian dipanaskan pada suhu 60- 70 derajat Celcius untuk mencairkannya. Lilin lebah dan kotoran lain disaring sebelum menjadi "Water Base". Jadi proses pembuatan Propolis tidak menggunakan alkohol. Produk kami Melia Propolis memiliki sumber "flavonoid" paling kaya di dunia.

11 Fungsi Pengobatan Dengan Propolis :
  1. Propolis sebagai antibiotik alami, antiviral, dan sekaligus antifungal alami tanpa efek samping
  2. Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya thypus, diare/muntaber, dll. Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau
  3. Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan virus misalnya demam berdarah, flu, TBC, dll
  4. Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jamur misalnya eksim ,panu, keputihan , ketombe, dll
  5. Propolis sebagai Anti Peradangan (infeksi & luka) misalnya maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka bakar, dll
  6. Propolis sebagai anti kanker dan mutagenesis sel misalnya kanker, tumor, mium, kista, dll
  7. Propolis berfungsi untuk membersihkan pembuluh darah dan detoksifikasi
  8. Propolis berfungsi sebagai pebuangan racun misalnya asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes melitus, dll
  9. Propolis juga penyembuhan ajaib bagi tumor, jantung dan pembuluh darah, diabetes melitus, arteriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, penyakit syaraf, arthritis dan rematik.
  10. Propolis sebagai penetral racun dalam tubuh dan sekaligus anti oksidan yang kuat.
  11. Propolis meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk info jelas Propolis dapat di download disini.